Thursday, October 13, 2016

ANTROPOLOGI


BAB I
PENDAHULUAN 
1.1         Latar Belakang
Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropolo-gi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

1.2         Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian antropologi?
2.      Bagaimana konsep dasar antropologi?
3.      Apa saja cabang-cabang ilmu antropologi?
4.      Bagaimana hubungan antropologi dengan ilmu sosial lain?

1.3         Tujuan
1.      Menjelaskan pengertian antropologi
2.      Menjelaskan konsep dasar antropologi
3.      Menjelaskan cabang-cabang ilmu antropologi
4.      Menjelaskan hubungan antropologi dengan ilmu sosial lain.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1         Pengertian Antropologi
Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya (Aroel, 2011). Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata.

Definisi Antropologi menurut para ahli:

1.      William A. Havilland:
Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
2.      David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
3.      Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
Dari definisi-definisi tersebut, dapat disusun pengertian sederhana antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berperilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.
2.2         Konsep Dasar Antropologi
Seperti telah dikemukakan terdahulu, kehidupan manusia di masyarakat atau manusia dalam konteks sosialnya, meliputi berbagai aspek. Salah satu aspek yang bermakna dalam kehidupan manusia yang juga mencirikan kemajuannya adalah kebudayaan. Kebudayaan, akar katanya dari buddayah, bentuk jamak dari Buddhi yang berarti budi dan akal. Kata buddhayah atau buddhi itu berasal dari bahasa sansekerta. Dengan demikian, kebudayaan itu dapat diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi atau akal.
            Mengenai  kebudayaan ini,dapat disimak dari beberapa konsep dari beberapa pakar antara lain C.A Ellwood mengungkapkan :
            Kebudayaan adalah norma kolektif semua pola prilaku ditransparansikan secara sosial melalui simbol-simbol, dari sini tiap unsur semua kemampuan kelompok umat manusia yang karakteristik, yang tidak hanya meliputi bahasa, peralatan, industri, seni, ilmu, hukum, pemerintahan, moral, dan keyakinan-keyakinan saja, melainkan meliputi  juga peralatan material atau artefak yang merupakan penjelmaam kemampuan budaya yang menghasilkan pemikiran yang berefek praktis dalam bentuk bangunan, senjata, mesin, media komunikasi, perlengkapan seni, dan sebagainya. Tidak ada kelompok umat manusia yang  memiliki maupun yang tidak memiliki bahasa, tradisi, kebiasaan, dan kelembagaan. Kebudayaan itu bersifat universal yang merupakan ciri yang berkarakteristik masyarakat manusia.
            Konsep yang dikemukakan oleh Ellwood diatas sangat jelas dan gamblang bahwa kebudayaan itu hanya menjadi milik otentik manusia. Dari konsep tadi, tercermin pula konsep-konsep dasar antropologi yang melekat pada kehidupan manusia. Namun demikian, konsep-konsep dasar itu akan diketengahkan kembali secara lebih lengkap. Konsep-konsep dasar itu meliputi :
1.   Kebudayaan
2.   Tradisi
3.   Pengetahuan
4.   Ilmu
5.   Teknologi
6.   Norma
7.   Lembaga
8.   Seni
9.   Bahasa
10. Lambang
Dalam lingkup antropologi dan kebudayaan, pengetahuan, ilmu dan teknologi merupakan konsep dasar yang terkait dengan budaya belajar. Tiga konsep dasar tersebut saat ini biasa dijadikan satu sebagai IPTEK. Penyatuan tiga konsep tersebut sangat beralasan, karena ketiganya sangat erat satu sama lain. Adapun penerapan ilmu dalam kehidupan untuk memanfaatkan sember daya bagi kepentingan manusia, itulah yang disebut teknologi. Dengan mengetahui kondisi tiap kelompok masyarakat termasuk tradisi, kebiasaan dan kemampuan IPTEK-nya, kita semua akan mampu memahami dan menghargai keadaan masyarakat yang bagaimanapun dan dimanapun.
            Konsep lain yang memegang peranan kunci dalam kehidupan masyarakat dan budaya adlah nilai serta norma. Nilai dan norma sangat erat kaitannya , namun demikian memiliki perbedaan yang mendasar. Dalam alam fikiran manusia sebagai anggota masyrakat melekat apa yang di katakana baik dan buruk, sopan dan tidak sopan, tepat dan tidak tepat, salah dan benar dan sebagainya. Hal itu semua merupakan nilai yang mengatur , membatasi, dan menjaga keserasian hidup bermasyarakat orang yang tidak sopan dengan orang tua, orang yang di tuakan dan orang yang lebih tua , di katakana bahwa orang yang bersangkutan tidak tahu nilai. Dalam tindakan, perilaku dan perbuatan, seseorang selalu sesuai dengan tradisi, kebiasaan dan aturan-aturan yang berlaku. Orang tersebut dikatakan mengetahui nilai dan berpegang pada nilai yang berlaku. Sedangkan norma, lebih mengarah pada ukuran dan aturan kehidupan yang berlaku di masyarakat.
2.3         Cabang Ilmu Antropologi
Seperti ilmu-ilmu lain, Antropologi juga mempunyai spesialisasi atau
pengkhususan. Secara umum ada 2 bidang spesialisasi dari Antropologi,yaitu Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya.
2.3.1 Antropologi Fisik
Antropologi Fisik tertarik pada sisi fisik dari manusia. Termasuk didalamnya mempelajari gen-gen yang menentukan struktur dari tubuh manusia. Mereka melihat perkembangan mahluk manusia sejak manusia itu mulai ada di bumi sampai manusia yang ada sekarang ini. Beberapa ahli Antropologi Fisik menjadi terkenal dengan penemuan -penemuan fosil yang membantu memberikan keterangan mengenai perkembangan manusia. Ahli Antropologi Fisik yang lain menjadi terkenal karena keahlian forensiknya; mereka membantu dengan menyampaikan pendapat mereka pada siding-sidang pengadilan dan membantu pihak berwenang dalam penyelidikan kasus-kasus pembunuhan.
   Cabang ilmu antropologi fisik dibagi menjadi 2 yaitu:
1.      Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil.
2.      Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengna mengamati ciri-ciri fisik.
2.3.2        Antropologi Budaya
Antropologi budaya berhubungan dengan apa yang sering disebut dengan Etnologi. Ilmu ini mempelajari tingkah-laku manusia, baik itu tingkah laku indivi-du atau tingkah laku kelompok. Tingkah -laku yang dipelajari disini bukan hanya kegiatan yang bisa diamati dengan mata saja, tetapi juga apa yang ada dalam pikiran mereka. Pada manusia, tingkah -laku ini tergantung pada proses pem-belajaran. Apa yang mereka lakukan adalah hasil dari proses belajar yang dilakukan oleh manusia sepanjang hidupnya disadari atau tidak. Mereka mem-pelajari bagaimana bertingkah -laku ini dengan cara mencontoh atau belajar dari generasi diatasnya dan juga dari lingkungan alam dan sosial yang ada diseke-lilingnya. Inilah yang oleh para ahli Antropologi disebut dengan kebudayaan. Kebudayaan dari kelompok -kelompok manusia, baik itu kelompok kecil maupun kelompok yang sangat besar inilah yang menjadi objek spesial dari penelitian -penelitian antropologi budaya.


Macam-macam cabang ilmu antropologi budaya yaitu:
a.       Prehistori, yaitu ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenai tulisan
b.      Etnolinguistik antrologi, yaitu ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia
c.       Etnologi, yaitu ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa yang ada di dunia
d.      Etnopsikologi, yaitu yang mempelajari kepribadian bangsa seta peranan individu kepada bangsa dalam proses perubahan adapt-istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.
2.4         Hubungan Antropologi dengan Ilmu Sosial Lain
1.      Hubungan antara Antropologi dengan Sosiologi
Persamaan antara antropologi dengan sosiologi adalah sama-sama mempelajari masyarakat dan kebudayaan, bahkan untuk antropologi sosial sangat sulit dibedakan dengan sosiologi. Perbedaannya bila antropologi mempelajari segala aspek kehidupan masyarakat secara holistik, dan dalam penelitian mempergunakan metode kualitatif atau kuantitatif. Sedangkan sosiologi menitik beratkan kepada masalah jaringan hubungan social yang ada dalam masyarakat, terutama tentang social grouping, social relation, dan social processes.
2.      Hubungan antara Antropologi dengan Arkeologi
Arkeologi sebagai ilmu yang mengkaji tentang sejarah perkembangan dan penyebaran kebudayaan masyarakat sebelum meninggalkan kebudayaan yang tertulis. Hal ini banyak membantu memberi penafsiran makna terhadap peninggalan benda-benda budaya yang ditemukan dalam masyarakat.
3.      Hubungan antara Antropologi dengan Ilmu Sejarah
Hubungan antara kedua ilmu ini mirip seperti arkeologi. Antropologi dan ilmu sejarah saling mengisi, baik dari segi metodologi ataupun dari segi penyediaan sumber-sumber datanya. Sumber-sumber sejarah banyak membantu antropologi, dan sebaliknya antropologi memberi sumbangan besar terhadap penulisan sejarah. Konsep-konsep antropologi tentang kehidupan masyarakat akan memberi pengertian dan informasi yang diperlukan oleh para ahli sejarah untuk mengisi latar belakang dari suatu peristiwa politik dalam sejarah yang menjadi obyek penelitiannya.
4.      Hubungan antara Antropologi dengan Geografi
Geografi menjelaskan tentang gambaran alam semesta ini dan ciri-ciri serta sifat-sifat aneka bentuk kehidupan (flora, fauna dan makhluk manusia) yang ada di bumi. Seorang sangat memerlukan informasi yang dapat menjelaskan bebagai masalah kehidupan manusia yang sangat tergantung dan erat keterkaitannya dengan keadaan lingkungan alamnya, hal ini untuk menjadi dasar pemikiran dalam perkembangan kesejahteraan kehidupan masyarakat berdasarkan potensi sumberdaya alam dan tetap menjaga, memelihara dan mempertahankan kelestarian lingkungan alamnya.
5.      Hubungan antara Antropologi dengan Ilmu Ekonomi
Antropologi dalam melihat perkembangan ekonomi suatu masyarakat/ bangsa perlu memahami konsep-konsep, teori-teori dan hukum-hukum ekonomi yang tepat. Sehingga dalam hal ini antara ilmu ekonomi dan antropologi dapat saling mengisi.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Cabang ilmu anropologi dibagi menjadi dua yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik mempelajari tentang keadaan fisik manusia, sedangkan antropologi budaya mempelajari tentang kebudayaan manusia. Ilmu antropologi juga memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, seperti ekonomi, sejarah, geografi dan sosiologi.








DAFTAR RUJUKAN

         Ariyanto, Rakhmat Pratama. 2012. Konsep Dasar Antropologi, Kebudayaan, Pendidikan Dan Antropologi Pendidikan. (Online), (http://rakhmat-ariyanto.blogspot.com/2012/05/konsep-dasar-antropologi-kebudayaan.html), diakses 23 November 2014
 
         Nasrul. 2011. Pengertian Antropologi, Objek, Tujuan, Dan Cabang Ilmu    Antropologi. (Online), (http://chasperzone.blogspot.com/2011/05-/pengertian-antropologi-objek-tujuan-dan.html), diakses 20 November 2014

          Ryjrstar. 2011. Antropologi. (Online), (http://ryjrstar.blogspot.com/2011/05-/antropologi.html), diakses 20 November 2014


 



2 comments:

  1. Salam kenal Saya TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh sahabat Sosmed,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

    ReplyDelete
  2. Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (MALEYSIA) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama bos saya di Tahun yg penuh berkah ini,
    Dan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada SHOLEH PATY karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di TOTO MAGNUM dan menang banyak
    Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama KI SHOLEH PATY dgn cara tlp di Nomor ;0825-244-669-169 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya

    ReplyDelete