Friday, August 7, 2015

Pusing dan Sakit Kepala, Apa Bedanya ? Hehe


Siapa disini yang sering pusing, cenut-cenut atau sakit kepala? Bagi yang sering mengalami hal-hal tersebut maka kalian wajib tahu sebenarnya apa sih bedanya antara pusing dan sakit kepala. Untuk itu mas mbak yang keren-keren baca perbedaannya disini. Monggo dibaca.


“Pusing” dan “sakit kepala” merupakan keluhan yang sangat sering disampaikan oleh pasien ketika berkonsultasi dengan dokter. Bahkan penggunaan keduanya sering dianggap saling menggantikan atau mempunyai arti yang sama.
Padahal, pusing dan sakit kepala merupakan dua gejala yang berbeda. Ya, pusing maupun sakit kepala sama-sama menimbulkan rasa tidak nyaman di kepala namun akan memberikan pengertian yang berbeda kepada dokter. Jadi sangatlah penting untuk benar-benar memahami apa yang Anda maksud dengan keluhan “pusing” sehingga dokter bisa mencari penyebabnya dengan lebih tepat. Lalu, sebenarnya bagaimana membedakan antara pusing dan sakit kepala?
Pusing kepala dan Sakit Kepala itu berbeda, lho!
Perbedaan pertama: Sensasi Gejala dan Tanda Pusing dan Sakit Kepala
Pusing mempunyai pengertian yang sama dengan kata bahasa Inggris “dizzy”. Hal yang dirasakan pun tergantung pada masing-masing orang. Secara umum saat seseorang mengeluhkan pusing, maka hal itu mengarah pada:
-   Lightheadedness atau kepala terasa ringan, umumnya Anda merasa seperti mau pingsan namun satu hal yang penting adalah tidak adanya sensasi berputar yang dialami (baik Anda maupun lingkungan Anda).
-   Vertigo atau pusing berputar, yakni suatu kondisi ketika pasien merasakan sekelilingnya berputar karena adanya gangguan pada orientasi tubuh maupun lingkungan padahal sebenarnya tidak ada pergerakan (berputar) yang terjadi.
Sedangkan, sakit kepala sendiri mempunyai pengertian serupa dengan kata bahasa Inggris, yaitu “headache” yang dapat diartikan sebagai rasa sakit yang bisa terletak dimana saja (di atas mata, kepala bagian belakang dan lain-lain) serta selanjutnya perlu ditelusuri ciri khas yang dialami, misalnya apakah:
-   Berdenyut-denyut
-   Rasa tegang seperti terikat
-   Sakit kepala sebelah
Perbedaan kedua: Penyebab Pusing dan Sakit Kepala
Pusing kepala biasanya disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:
-   Infeksi telinga : dapat menyebabkan pusing yang berat berupa vertigo atau pusing berputar
-   Migrain : pusing dapat menyertai baik sebelum maupun sesudah migrain muncul
-   Stress
-   Kadar gula darah yang rendah
-   Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba terkait perubahan posisi dari duduk ke berdiri yang dikenal pula sebagai hipotensi ortostatik/postural
-   Penurunan aliran darah ke otak atau yang dikenal sebagai Insufisiensi vertebrobasiler
-   Pendarahan
Sedangkan sakit kepala, biasanya disebabkan oleh hal berikut:
-   Alkohol dan kafein (kopi, teh atau soda)
-   Withdrawal kafein yang tiba-tiba
-   Makanan tertentu, seperti makanan asin dan mengandung MSG
-   Pola makan yang kurang baik seperti pada diet ekstrim.
-   Dehidrasi
-   Obat2an seperti obat jantung, tekanan darah dan hormon

Perbedaan ketiga: Pengobatan Pusing dan Sakit Kepala
Salah satu hal yeng penting kenapa kita harus membedakan antara si pusing kepala dan sakit kepala adalah dasar pengobatan yang berbeda.
Ya, pada pusing kepala yang biasanya bersifat berputar, dalam istilah medisnya Vertigo, pengobatan yang tepat digunakan adalah golongan antihistamin, sedatif ataupun skopolamin. Golongan obat Antihistamin ini bekerja dengan memhambat efek berputar yang biasanya disebabkan gangguan pada telinga dalam.
Sakit kepala memang merupakan salah satu keluhan yang sangat umum diatasi sendiri dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi rasa sakit kepala anatara lain parasetamol, yang tepat untuk mengatasi rasa nyeri yang dialami.

http://www.panadol.com/id/informasi-kesehatan/nyeri-dewasa/pusing-dan-sakit-kepala-kenali-bedanya.html

No comments:

Post a Comment